admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Magang Bioteknologi 2021

Magang Bioteknologi 2021

Oleh : Ahmad Subki

 

Allah swt menjadikan negeri Indonesia ini sebagai negeri yang subur dan banyak sekali kemudahan untuk berada di negeri tercinta ini. Sebagai bangsa yang diberkahi, sudah sepantasnya kita sebagai generasi yang melanjutkan untuk memakmurkan bangsa ini. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki kekuatan untuk kembali menjadi negeri yang disegani, terutama dalam hal pangan.

School of Universe dengan seluruh pengalaman dan kesadaran, ingin memberikan bekal kepada seluruh siswa yang ada bahwa, menjadi tuan di negeri sendiri adalah sebuah keniscayaan. Dengan kesuburan tanah yang ada, hamparan Sawah dan Ladang yang bisa menjadi laboratorium Alam, maka seharusnya kita bisa menjadi tuan di sini, di rumah kita. Teknologi dengan segala percepatannya yang tak terbendung, seharusnya bisa kita manfaatkan, termasuk di pertanian atau biasa disebut BIOTEKNOLOGI.

Siswa SoU, kami ajak berkegiatan di bidang ini, supaya mereka faham bahwa menjadi tuan di sini itu sesuatu yang bisa diwujudkan. Menjadi seorang petani bukan hal yang biasa lagi, tetapi hal yang luar biasa. Kenapa? Karena saat ini banyak petani dunia yang memiliki kemakmuran yang luar biasa. Namun untuk di negara kita, masih banyak petani yang kesulitan mendapatkan kemakmuran sebagaimana yang diimpikan.

Perlahan namun pasti, saat ini juga banyak petani yang mulai berdasi atau mulai naik level dalam dunia pertanian, bahkan seorang yang tidak bisa bertani sekali pun, sekarang bisa menjadi petani dan bahkan memiliki aset pertanian terpadu yang fantastis.

Kembali ke kegiatan siswa, SoU memberikan pelajaran ke siswa agar bisa dan terbiasa memanfaatkan lahan yang ada serta Teknologi Pertanian agar bisa membangun lingkungan yang sadar akan kebersihan dan kemakmuran. Kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih 4 minggu ini membawa siswa menjadi The Real Farmer atau petani sesungguhnya. Dari mulai membuka lahan, mencangkul, membuat pupuk, kompos, pengenalan media tanam serta memelihara tanaman dan hewan peliharaan sendiri mulai pkl 07.30 - 12. 00 setiap hari nya.

Panas dan hujan mungkin sudah menjadi bagian dari kegiatan ini, namun yang jelas mereka tidak mundur bahkan lebih semangat menjalani ini. Ketangguhan, kemandiran dan tanggung jawab adalah hal dasar yang perlu diajarkan ke siswa supaya mereka tau proses makanan yang sampai ke meja makan di rumah atau restoran, ya seperti itu. Dengan sabar mereka merawat dan memastikan tanaman nya tumbuh dengan baik, diberi nutrisi dan disiram, hewan ternaknya diberi makan dan minum dengan baik dan cukup.

Setalah kegiatan ini selesai, maka saat nya mereka presentasi tentang "apa saja yang sudah dipelajari selama magang menjadi petani?". Dengan segala daya dan upaya, akhirnya mereka bisa melaksanakan nya dengan baik.

Pengalaman yang luar biasa ini diharapkan bisa terus terpatri dalam diri, supaya mereka bisa menjadi petani, minimal untuk keluarga dan orang di sekitar. Karena Bioteknologi dan Pertanian Terpadu ini bisa dilakukan bahkan di lahan sempit sekali pun. Kan sayang sekali, jika memiliki lahan yang luas namun tidak termanfaatkan dengan baik.

Harapan kami Semoga kita bisa menjadi Tuan di Negeri Sendiri dan bisa terus bermanfaat bagi orang banyak.