admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Magang Retail

Magang Retail

by : Ahmad Subki

Sejak bulan Maret, kami sudah memberikan materi magang Retail untuk siswa-siswi Sekolah Menengah (SM) Sekolah Alam School of Universe, agar ketika saatnya menjalankan proses magang retail, mereka mampu dan sudah tau apa yang harus dilakukan.

Dari awal hingga akhir bulan April, kami melaksanakan magang retail, tentunya dengan suasana yang berbeda yakni masa Pandemi Covid-19. Dengan segala keterbatasan interaksi sosial di luar sekolah, maka kami memutuskan untuk magang di sekolah, sebuah inkubasi bisnis retail dan unit bisnis School of Universe : Haltoy Mart. Siswa mendapatkan materi dan praktik magang yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimentori oleh Mr Subhan Al Bukhari dan Ibu Anis ex HRD Giant Gaplek, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Antusiasme siswa-siswi SM sangat terlihat tatkala mereka diberikan project yang cukup menantang, yaitu dengan membuat produk dan kemudian mereka menjualnya, baik Pre Order (PO) ataupun on the spot.

Hampir semua mereka membuat produk berkelompok dan menjualnya, dan hasilnya mereka memiliki uang sendiri. Dari pembelajaran ini mereka pun tahu bahwa untuk menghasilkan rupiah itu, butuh perjuangan dan perhitungan yang matang. Bukan hanya meminta uang kepada orang tua lalu dihabiskan, tapi mereka belajar juga bagaimana menjaga uang ini agar tidak boros dan tidak hambur. Proses magang ini juga membuat siswa-siswi SM memiliki tanggung jawab yang harus dijalankan. Bagaimana tidak, ketika jadwalnya magang mereka sudah diberikan task atau tugas untuk Piket, baik pagi ataupun menjelang pulang untuk melatih kedisiplinan waktu dan tanggung jawab.

Kembali kepada kegiatan ini, semua hal yang dilakukan menjadi Seru dan asik, karena juga sudah sesuai dengan hobi mereka. Tentunya siapa tahu di rumah, mereka memiliki bisnis online atau apapun yang juga terbantu dengan adanya project magang ini. Namun, ada satu hal yang belum terlaksana, yaitu presentasi hasil magang retail. Bukan hanya retail saja, tapi setiap magang selesai, mereka presentasi kan pengalaman dan kegiatan selama magang, dan itu yang akan dikenang sepanjang masa. Karena mereka melakukan nya sejak Usia kelas 7 SMP, yang jika di sekolah lain, mereka dapatkan pada kelas 10 atau SMA. Menstrukturkan pengalaman adalah salah satu poin penting dari proses pemagangan. Sama halnya dengan berbisnis, setiap pelaku bisnis akan dapat belajar dari keberhasilan atau kegagalan yang dialaminya. 

Berikut adalah beberapa produk yang dikreasikan oleh anak-anak SM baik individu maupun berkelompok :

    

    

Sekolah dan Magang... Yuk join di School of Universe saja