admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Internalisasi Konsep Sekolah Alam (IKON)

Pemahaman konsep Sekolah Alam adalah hal yang penting bagi penggiat pendidikan di seluruh nusantara tidak hanya Sekolah Alam, namun juga lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang peduli terhadap pendidikan akhlak, karakter dan bakat.

Tersebarnya Sekolah Alam tidak hanya di Pulau Jawa, namun Sumatera, Sulawesi, Kalimantan bahkan Papua membuat pemahaman tentang Sekolah Alam, baik konsep maupun implementasinya terkadang menjadi kendala bagi daerah-daerah yang cukup jauh terpencil karena sulitnya memperoleh informasi.

Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) melalui departemen PSDI menginisiasi sebuah program yang disebut IKON. IKON atau Internalisasi Konsep Sekolah Alam adalah program untuk menyebarluaskan konsep Sekolah Alam ke seluruh penggiat pendidikan khususnya Sekolah Alam di bawah JSAN dan instansi pendidikan pada umumnya.

Selain mengadakan pelatihan dan workshop AKARALAM (akademi Kurikulum Pembelajaran Sekolah Alam) dimana bang Lendo Novo sebagai konseptor Sekolah Alam dapat memaparkan konsep Sekolah Alam langsung kepada peserta, kini bekerja sama dengan Lendo Novo Research Centre (LRC), Pengembangan Sumberdaya Insani (PSDI) JSAN membuat terobosan program IKON jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ditengah mewabahnya penyakit yang membuat setiap orang membatasi ruang gerak sosialnya, konsep Sekolah Alam tetap dapat disampaikan ke seluruh penggiat pendidikan. Pemaparan konsep Sekolah Alam oleh bang Lendo disampaikan melalui video dan proses tanya jawab selain melalui dialog interaktif juga bisa langsung melalui teleconference. Setiap peserta dapat langsung bertanya dan langsung mendapatkan jawaban saat itu juga dari Konseptor Sekolah Alam.

Semoga inisiasi yang inovatif dari kementerian pendidikan yang mengusung merdeka belajar dan pengalaman dan implementasi yang matang dari sekolah alam selama lebih dari 20 tahun dapat merubah pendidikan indonesia semakin baik lagi. Bahkan dapat mengubah bangsa ini kedepannya menjadi lebih baik melalui insan-insan yang berakhlak mulia, berkarakter tangguh dan memiliki logika yang terasah, serta memberi rahmat bagi seluruh alam.

Penggiat pendidikan dapat mengakses langsung pemaparan konsep Sekolah Alam melalui channel youtube JSAN, atau channel youtube School of Universe dan kini juga dapat didengar melalui channel podcast LRC. Peserta juga dapat menghubungi JSAN untuk dapat berdialog langsung dengan Bang Lendo melalui ZOOM meeting. Saat ini sesi IKON tengah berjalan dengan materi Openmind Sekolah Alam, Merdeka Belajar, 22 tahun Kiprah Sekolah Alam di Indonesia dan Sekolah Alam : What Next?. Waktu penyampaian sesi ini adalah 8 - 30 April 2020.